Konflik Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konflik Sosial

  • Pengertian konflik sosial

Konflik sosial adalah pertentagan yang terjadi dalam masyarakat.Menurut robert M.Z lawang,konflik sosial merupakan alat untuk memperoleh hal-hal yang langka,seperti status,kekuasaan,dan sebagainya.Konflik sosial menyebabkan kehidupan masyarakat menjadi kacau.Oleh karena itu,konflik sosial harus segera di atasi agar tidak meluas dan mengancam disentegrasi sosial. 

  • Faktor-faktor penyebab konflik

Ternyata konflik sosial itu banyak penyebabnya,antara lain: 

1. Perbedaan kepentingan dan pandangan hidup 

Perbedaan seringkali menjadi pemicu timbulnya persaingan dan pertentangan sosial.Oleh karna itu,dalam pergaulan di masyarakat kita harus bersikap toleran terhadap orang atau kelompok lain. Dengan demikian,hubungan baik dengan sesama teman dan saudara akan tetap terpelihara dan konflik sosial dapat dihindari. 

2. Perbedaan nilai dan norma sosial 

Perbedaan nilai dan norma sosial seringkali menjadi penyebab timbulnya konflik sosial.Sebenarnya peristiwa tersebut tidak akan terjadi jika masing-masing pihak saling menghargai perbedaan yang ada.dan sebagai masyarakat yang ber-Bhinneka Tunggal Ika kita perlu bersikap toleran terhadap perbedaan nilai-nilai dan norma-norma sosial. 

3. Perbedaan nilai-nilai kebudayaan 

Perbedaan kebudayaan dapat mendorong timbulnya persaingan dan konflk sosial.demikian pula dengan masuknya kebudayaan masyarakat luar yang negatif,seringkali menjadi penyebab timbulnya konflik sosial. 

4. Perbedaan status dan peran sosial 

Perbedaan tersebut dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial.Conthnya:adanya perbedaan si kaya dan si miskin,buruh dan majikan,dll 

Perhatikan bagan peran dan status sosial dalam kaitan dengan interaksi sosial! 




5. Pengaruh perubahan unsur- unsur kebudayaan 

Pengaruh budaya luar,juga seringkali menyebabkan terjadinya konflik sosial.jadi kita semua harus bisa menyikapi pengaruh yang dapat menyebabkan konflik sosial.

0 Response to "Konflik Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konflik Sosial"

Post a Comment