Macam-Macam Tarian Daerah Di Indonesia

Siang Gan, Kali ini Saya memposting mengenai tentang Seni Budaya. Ya walaupun saya kurang suka di pelajaran itu hehe, tapi saya ingin membagi sedikit ilmu saya mengenai Seni di bidang Tarian. Langsung Aja chek it out .

 1. Tari Pendet (Bali)
Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi.


2.Tari Kecak(Bali)
Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa.
  


3.      Tari Sekapur Sirih (Jambi)
Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu.


4.      Tari Piring (Sumatra Barat)
Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.






5.      Tari Payung (Sumatra Barat)
Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan, sang pria melindungi kepala sang wanita, sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.


6.      Tari Serampang Dua Belas (Sumatra Utara)
Tari Serampang Dua Belas, Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan.


Sekian Postingan Ane kali ini, Mudah-mudahan bermanfaat ya ^_^

0 Response to "Macam-Macam Tarian Daerah Di Indonesia"

Post a Comment